Puppylinux dual boot dengan Windows

Tahrpup 6.0.5


Puppylinux adalah distro linux kecil yang sangat power full. Hampir semua distro linux tersedia di internet dan kita dapat dengan mudah mengunduhnya. Dari sisi tampilan Puppylinux sangat sederhana. Dari kesederhaan Puppylinux ini menjadikan sangat cepat dalam startup dan pengistallan. Puppylinux berjalan didalam RAM sehinga menghasilkan kecepatan maksimum. Puppylinux berjalan pada beberapa file squash yang akan mount oleh kernel saat booting. Kita dapat menginstal puppylinux dual boot dengan Windows untuk mencobanya. Kenapa dual boot dengan Windows , karena jika kita mencobanya pada software virtual akan terasa berbeda. 


Puppylinux adalah distro yang cepat untuk boot dan menyediakan semua kebutuhan-kebutuhan yang standar komputer. Puppylinux sangat membantu sebagai tools saat instalasi Windows kita bermasalah atau hanya ingin mengakses beberapa situs yang mencurigakan tanpa membahayakan installasi Windows kita terinfeksi malware. Puppylinux Tidak seperti linux berbasis debian seperti Ubuntu dan linuxmint, menginstall Puppylinux dual boot dengan windows  sangatlah mudah, bisa juga disebut dual boot Puppylinux pada windows.

Untuk menginstal Puppylinux dual boot dengan windows, kita tidak perlu menyiapkan usb flasdisk, yang biasanya kita booting instalasi langsung melalui usb. Jangan khawatir proses ini tetap akan  berjalan dengan cepat seperti saat menyiapkan usb flash sebagai live bootable . Persiapkan bahan-bahanya dan ikuti langkah-langkah di bawah ini. 

Catatan: Sebelum mengikuti tutorial Puppylinux dual boot dengan windows . Pastikan Windows Anda tidak dalam posisi mode fastboot, karena akan membuat partisi windows tidak bisa di-mount oleh sistem puppy.

Berikut adalah langkah-langkah untuk Puppylinux dual boot dengan Windows:

1. Unduh versi terbaru Puppylinux ISO dari http://puppylinux.com/.
2. Unduh LICK dari https://github.com/noryb009/lick/releases.

Setelah mengunduh file instalasi Puppylinux di halaman http://puppylinux.com/. Silakan pilih versi   32 bit atau 64 bit untuk versi yang akan kita gunakan. Atau periksa kembali komputer apakah suport dengan 32 atau 64 bit tools pengecekan. Setelah 2 bahan instalasi Puppylinux dual boot dengan Windows di atas diunduh ikuti langkah selanjutnya.

3. Buka tools kecil LICK




4. Kemudian drag dan drop file iso ke jendela LICK
5. Cukup klik pada tombol Install. Tunggu beberapa saat sampai ada pesan sukses. Hmmm ...kita siudah berhasil menginstal Puppylinux dual boot dengan Windows. Cukup mudah dan cepat.


6. Restart Windows dan kita akan melihat boot manager disitu kita dapat memilih Windows atau Puppylinux pada  Lick Boot Loader. Seperti gambar dibawah

Demikian Tutorial memasang Puppylinux dual boot dengan Windows semoga membantu pekerjaan kita dalam service komputer. Versi terbaru dari puppy sekarang adalah versi 7.5 dengan nama XenialPup 7.5 yang kompatibel dengan repositori xenial ubuntu. Puppylinux yang dapat digunakan sebagai tools ketika terjadi kerusakan pada windows yang error atau terkena virus. Tutorial puppylinux dual boot dengan Windows dapat dipraktekan pada komputer berbasis windows 7,8,10 yang tidak menggunakan UEFI. Jadi Tutorial menginstal puppylinux dual boot dengan Windows tidak berlaku pada komputer windows yang mengunakan UEFI sebagai bootable.