Cara Membuat blog di blogger

Blogger.com adalah platform blog gratis yang disediakan oleh google yang dibelinya dari pyra labs pada tahun 2003. Pyra labs yang digawangi oleh  Evan Williams dan Meg Hourihan meluncurkan mesin blogger pada tahun 1999.

Apa itu Blog / web log / web ?

Blog awalnya adalah semacam catatan jurnal didalam sebuah komputer, lebih seperti buku harian pada jaman dahulu. Semakin lama, blog digunakan untuk menulis jurnal yang dapat dibaca oleh user yang lainya. Blog merupakan kata yang diambil dari web log, dimana web log merupakan sebuah catatan jurnal. Seiring waktu berjalan begitu juga dengan teknologin internet yang semakin berkembang menjadikan weblog atau blog sebagai sebuah sarana komunikasi dan bertukarnya pikiran.

Saat ini web atau pun blog sudah tidak begitu memiliki perbedaan yang signifikan. Dan kebanyakan malah menggabungkan konsep dari web dan blog secara bersamaan dalam satu nama domain. Web dahulu lebih dikenal dengan halaman static yang terpisah-pisah dan tidak terupdate dalam waktu yang lama. Sedangkan blog lebih bersifat dinamis dan memiliki artikel yang berkelanjutan. Terkadang blog juga menyajikan sebuah jurnal harian secara konsisten. 

Sejarah singkat Blogger.com

Blogger.com menjadi sangat populer sejak dibeli oleh google pada tahun  2003 dari pyra labs. Kemudian pada tahun 2006 blogger pindah ke server milik google dan meredesain dan menulis ulang program blog. Google mulai mengenalkan banyak fitur pada platform blogger. 

Blogger lebih mudah kita sebut dengan sebuah layanan content management system yang dimiliki oleh google. Didalam cms (content management system) kita dapat melakukan aktivitas publising tulisan kita sendiri. Alamat publising gratis yang disediakan oleh blogger.com adalah sub domain dari blogspot.com. Jadi misal kita membuat blog di blogger.com kita akan mendapatkan alamat publising dengan subdomain dari blogspot.com, misalnya namablog.blogspot.com.

Di Halaman blogger kita memanagement tulisan kita yang kemudian di sub domain blogspot.com kita publis tulisan kita. 

Seiring waktu kewaktu blogger terus meningkatkan kemampuanya dengan menambah banyak fitur. Dan tentunya sampai hari ini blogger masih gratis dan sudah digunakan oleh banyak kalangan, dalam banyak kepentingan. 

Blogger.com juga menyediakan fitur agar blog kita dapat memiliki nama domain kita sendiri. Custum domain begitulah para blogger menyebutnya, kita akan memiliki nama domain tersendiri dan menggunakan fasilitas blogger.com sebagai CMSnya.

Ngeblog sudah menjadi sebuah media yang digunakan oleh banyak orang untuk menghasilkan uang dari tulisan di blog.

Cara Membuat blog di blogger.com

Langkah paling utama sebelum membuat blog blogger.com tentunya adalah menyiapkan komputer dengan koneksi internet. 

berikut step-step Cara membuat blog di blogger.com :

1. Langkah paling utama adalah membuat acount gmail.com.

Jika belum memiliki acount gmail silahkan baca artikel tentang cara membuat acount gmail.

2. Buka laman blogger.com

Klik pada tombol Create atau Sign dengan menggunakan acount gmail yang sudah di buat.

3. Setelah sign kita akan berada pada tampilan seperti berikut



Pilih profile yang akan kita tampilkan apakah profile blogger atau profile google+. Google akan merekomendasikan memilih google+ . Keuntungan dari menggunakan profile google+ adalah secara otomatis artikel blog kita akan terposting kedalam acount google +.

4. Setelah mengklik Continue to Blogger

Kita akan berada pada dasboard blogger, dasboard adalah halaman admin yang kita gunakan untuk mengelola blog kita. Pada halaman dasboard klik pada menu Create New Blog


5. Akan muncul jendela modal Create a new blog



- Ketik pada kolom judul blog sesuai dengan keinginan kita atau yang berkaitan dengan thema tulisan yang akan kita gunakan.

- Pada kolom address tersebut diisi dengan sebuah url blog yang akan menjadi alamat blog kita. Cari hingga tersedia sebuah alamat untuk kita. Alamat kita akan berada pada sub domain blogspot.com

Baca juga tentang Custum domain blogspot

- Pilih thema blog yang kita inginkan atau skip pada bagian ini.

- Klik pada tombol Create blog



6. Selesai

Klik pada No Thanks




Setelah selesai membuat blog tinggal kita setting thema dan isi dengan tulisan sebanyak-banyaknya. Mimilih satu theme yang dibahas berkali-kali dan detail akan menjadi sebuah blog yang bagus dan dibookmark oleh pengunjung blog yang menyukainya.